Visitors

Pages

Kamis, 08 Desember 2011

Tips untuk membersihkan LCD laptop dengan benar

Terkadang kita menemui LCD laptop tercinta kita terdapat banyak sekali debu-debu yang menempel. Dan begitu melihat hal tersebut pasti kebanyakan orang langsung ambil tissue untuk membersihkan debu tersebut. Tetapi apakah anda tahu bahwa hal tersebut justru membuat keadaan LCD laptop anda menjadi semakin parah ?? Nah dalam postingan saya kali ini, saya akan memberikan Tips untuk membersihkan LCD laptop dengan benar.

Monitor LCD atau TFT merupakan spare part paling mahal dari sebuah laptop / komputer. Dan LCD ini sangatlah sensitif terhadap debu, sentuhan tangan, atau bahkan kalau anda batuk dan bersin tidak sempat ditutup mulutnya... pasti muncrat semua, hehe...

Berbeda dengan layar CRT atau biasanya disebut dengan monitor tabung, yang layarnya terbuat dari kaca sehingga anda dapat membersihkannya dengan mudah mudah menggunakan kain. Tapi jangan coba-coba membersihkan LCD monitor laptop anda menggunkan kain yang kering ! Karena akan mengakibatkan permukaan LCD laptop anda menjadi baret / lecet.

Nah, jadi bagaimana Tips untuk membersihkan LCD laptop dengan benar ??

Kita tidak perlu repot-repot membeli alat pembersih LCD yang mahal, kita akan mencoba sebuah tips sederhana untuk membersihkan LCD monitor laptop anda. Tips ini juga bisa di terapkan untuk membersihkan HDTV atau Plasma TV.

Langkah 1.
Bayangkanlah LCD laptop anda sebagai kulit bayi yang baru lahir, sangat lembut dan sensitif. Jangan pernah menyentuh / menekan LCD monitor anda dengan jari anda ! Karena dapat mengakibatkan berkurangnya ketajaman pixel LCD monitor laptop anda, dengan kata lain mengakibatkan layar menjadi blur untuk jangka waktu yang lama.

Langkah 2.
Carilah potongan kain bahan katun yang lembut atau kapas, tetapi jangan gunakan tisu makan, tisu ruangan, ataupun tisu roll dan jangan sekali-kali menggunakan handuk ! Bahan-bahan diatas dapat menyebabkan LCD monitor anda menjadi baret, ibaratnya bahan-bahan diatas seperti amplas bagi LCD monitor anda.

Langkah 3.
Matikan laptop anda, supaya background laptop menjadi gelap sehingga akan memudahkan anda melihat bagian layar LCD anda yang kotor.

Langkah 4.
Nah, pada langkah ini kita akan membuat cairan untuk membersihkan layar LCD anda. kita membutuhkan air hasil penyulingan  atau bisa juga air uap atau air embun dan sedikit cuka. Jangan menggunakan air tanah/air kran dan air mineral karena akan meninggalkan noda putih di layar LCD laptop anda dikarenakan kandungan garam yang terdapat di dalamnya.

Langkah 5.
Campurlah air embun / air uap / air hasil penyulingan dengan cuka dengan perbandingan 1 : 1. Kemudian semprotkanlah campuran cairan tersebut ke kain lembut / kapas. Sangat tidak disarankan untuk langsung menyemprotkan cairan cleaner buatan kita langsung ke LCD anda ! Setelah kain yang lembut / kapas itu lembab oleh cleaner buatan kita sendiri, kita dapat membasuh / mengelap LCD monitor / laptop anda dari atas ke bawah (satu arah saja).

Catatan : Pastikan LCD monitor/laptop anda sudah kering sebelum anda menggunakan/menhidupkan monitor/laptop anda. Dan jangan pernah menyentuh LCD monitor/laptop anda karena dapat mengakibatkan gambar menjadi blur.

sumber : http://driversnotebook.wordpress.com/

0 Comments:

Posting Komentar

Get Money From Here